RSS

[Tutorial] Ready to Eat Zakumi


Sebelumnya, tutorial ini sudah pernah diposting di facebook Ina. Tapi mengingat foto-foto di facebook hanya di share untuk teman saja, karnanya diposting ulang di blog supaya bisa dilihat dan bermanfaat untuk lebih banyak orang lagi.



--klik image untuk tampilan lebih besar--


READY TO EAT ZAKUMI -The Making-

Siapkan 3 cake diameter 20 cm tinggi 2 cm dan 2 cake diameter 16 cm tinggi 2 cm.

Pada contoh ini, menggunakan cake Vanila dengan filling buttercream + parutan keju, ceglug...

- 2 cake diameter 20 cm ditumpuk jadi 1, ini akan jadi dasar bagian muka. Trim pinggirnya supaya jadi membulat.

- 1 cake diameter 20 cm dipotong jadi 3 bagian. Bagian tengah yang ujungnya lurus bukan melingkar menjadi bagian seputar hidung. Tumpuk di atas muka. Trim pinggirnya supaya jadi membulat.

- 2 bagian sisa dari cake diameter 20 cm tadi dipotong jadi 3 bagian masing-masing, ini nanti jadi bagian rambut.

Untuk cake diameter 16 cm, dilakukan hal seperti pada gambar. 1 cake dipotong 2, diletakkan di bagian atas menjadi rambut. 1 cake dipotong 3 bagian, diletakkan di atasnya. Bagian ceruk-ceruk ditambal dengan sisa cake diameter 20 cm. Diatur sedemikian rupa. Kalo terlihat tidak rapih, tenaaangggg...Nanti kan ketutupan buttercream yak.

Siapkan gambar ato boneka Zakumi sebagai patokan pemberian warna. Semprotkan buttercream warna putih pada bagian bawah muka, ratakan dengan spatula kecil.

Lanjut dengan buttercream warna kuning di bagian tengah. Ratakan lagi dengan spatula kecil.

Sudah kelar? Ngeteh dulu supaya ga keleyengan...Hihihihi...

Saatnya mengisi bagian rambut dengan warna hijau. Gunting ujung plastik segitiga agak besar, sekitar diameter 0.8 cm (kira-kira aja), semprotkan menyeluruh di bagian rambut. Lalu ratakan dengan spatula. Sekarang memberi detail, semprotkan dengan pola segitiga, pertama outlinenya dulu, lalu isi bagian tengah. Kemudian ratakan dengan spatula. Meratakannya dari sisi paling lebar lalu saat ke ujung segitiga, spatulanya agak ditarik keatas. Supaya membentuk helaian rambut yang tersibak ke atas. Lakukan ini di seluruh bagian rambut. Jangan lupa menambah buttercream di bagian bawah, biarpun disana tidak ada kue ya. Supaya lebih bagus.

Sudah? Sekarang siapkan lagi buttercream hijau, kemaren Ina tambahkan sedikit kuning di buttercream hijau yang sudah ada, supaya warnanya jadi agak muda. Ini fungsinya sebagai pembentuk garis tegas rambutnya. Jadi hanya berupa outline saja. Lakukan di seluruh bagian rambut. Tambahkan garis dibagian tengah outline jika perlu. Bayangkan kalo lagi gambar rambut deh...:D

Sekarang tinggal menambah detail dengan fondant. Bagian hidung, mata, telinga dan bintik segienam coklat kecil di bagian jidat. Pertegas bagian mata dengan buttercream warna coklat. Beri garis mulut dan sedikit garis di bawah hidung.

Selesaiiii...Grawwwwwww....

Hasil akhirnya sebagai berikut :


0 komentar:

Copyright 2009 Dapurnya Bunbun. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy