RSS

[Tutorial] Felix the Cake


Sebelumnya, tutorial ini sudah pernah diposting di facebook Ina. Tapi mengingat foto-foto di facebook hanya di share untuk teman saja, karnanya diposting ulang di blog supaya bisa dilihat dan bermanfaat untuk lebih banyak orang lagi.

Selamat mencoba ya...



--klik image untuk tampilan lebih besar--

Resep yang digunakan Brokus Coklat yang dimodifikasi jadi rasa vanila, karna yang pesen mintanya cake vanila. Fillingnya blueberry. Cake yang dibutuhkan adalah 3 loyang cake ukuran diameter 16 cm tinggi 3 cm plus 1 cake yang dicetak di mangkok stainless diameter 10 cm tinggi sekitar 5cm.

1. Cake bulat, dipotong sedikit supaya agak lonjong seperti badan kucing. Sisa potongan jangan buru-buru dimakan ya :D karna akan digunakan untuk membentuk buntut dan kaki.

2. Siapkan print-printan kucing yang mau dibuat sebagai patokan. Smakin banyak posisi yang bisa dijadikan patokan, smakin baik.

3. Trim sedikit demi sedikit bagian atas cake sehingga permukaannya membulat. Letakkan potongan buntut dan kaki pada tempatnya. Lem dengan bahan sesuai filling, kalo ina artinya dengan selai blueberry. Kalo posisinya kurang kokoh, bantu dengan spagheti mentah ya. Letakkan juga cake yang dicetak di mangkok tadi di bagian depan, sebagai kepala. Sisipkan beberapa potongan dibagian sambungan badan dengan kepala, supaya ga terlalu terpisah. Lem dengan bahan filling, bantu dengan spaghetti mentah jika perlu.

Di step ini bisa dilihat kan kenapa Emmas dan Aliif menganggap ini cake kura-kura, hehehe.

3. Lapisi seluruh cake dengan buttercream. Untuk felix yang ina pakai buttercream plus dcc.

4. Bagian yang paling menyenangkan. :) Spuit satu persatu bagian bulunya. Mulai dari permukaan paling bawah, baru perlahan naik ke atas supaya terlihat bersusun-susun. Sesuaikan dengan warna kucing yang akan dibuat. Kalo felix, bagian perutnya ada bulu putihnya.

5. Di bagian wajah, ga perlu spuit tebal-tebal dulu. Sisakan space untuk bagian mulut. Spuitkan bc putih pada bagian mulut.Siapkan fondant biru bentuk oval. Fondant hitam bentuk bulat, dan fondant putih yang lebih kecil. Tempel dijadikan satu dulu, baru taroh di atas wajah felix. Tambahkan hidung. Beri bulu lagi supaya lebih menyatu. Beri outline pada mata supaya lebih terlihat jelas. Beri outline bentuk mulut.

6. Bentuk fondant putih menjadi kaki. Untuk belahan kaki, bisa menggunakan tusuk gigi. Letakkan pada tempatnya.

6. Sentuhan terakhir, siapkan bihun kering. Tusukkan sebagai kumis... Miawwwww...

Hasil jadinya bisa dilihat di http://larizz.blogspot.com/2010/06/cake.html

2 komentar:

anisa said...

mbak ina..you are so genius!!..:)

ina said...

hiaaaaaaaaaaa..mbak anisa..trimakasih sudah mampir ya :)

Copyright 2009 Dapurnya Bunbun. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy